Gerakan Nasional 1000StartUp Digital

Kami percaya Indonesia bisa berdaya. Indonesia bisa jadi pemain kelas dunia. Ini adalah perjalanan bagi mereka yang ingin men...



Kami percaya Indonesia bisa berdaya. Indonesia bisa jadi pemain kelas dunia.

Ini adalah perjalanan bagi mereka yang ingin menciptakan solusi dengan teknologi.
Ini adalah kesempatan bagi mereka yang ingin membuat perubahan nyata.

Kami mencari mereka, para pendobrak, yang punya mimpi besar untuk Indonesia Raya.
Beberapa hari yang lalu, gue dapet kesempatan untuk jadi volunteer di Gerakan Nasional #1000StartUp Digital Ignition batch I.
source: Google.com
Ignition adalah penanaman pola pikir entrepreneurship, atau tahapan awal dari rangkaian perjalanan yang harus dilalui oleh peserta penggerak startup yang mengikuti Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Apa sih itu? Basically, movement yang diinisiasi KIBAR, juga didukung Kemkominfo untuk mewujudkan potensi Indonesia jadi The Digital Energy of Asia tahun 2020. Caranya yaitu dengan mengembangkan 1000 startup berbasis digital yang merupakan solusi dari masalah yang terjadi di Indonesia. Kenapa sih digital? Indonesia punya potensi yang sangat besar dalam penggunaan internet. Kenapa juga 1000? Just imagine, it will create a business valuation of USD 10 billion in 2020. Tentunya juga akan mengurangi angka kemiskinan di Indonesia. 
Seperti yang kita tau, sudah lama sebenarnya semenjak banyak sekali anak muda Indonesia yang ingin bekerja di perusahaan reputable yang notebenenya perusahaan asing. The person typing is one of them, hhh. Bahkan keinginan itu didukung sama banyak pihak. Penyedia beasiswa, perusahaan training, orang tua, tetangga-tetangga bahkan? Paham lah ya. Dan, sudah banyak anak muda yang mencapai kesuksesan dengan bisa bekerja di dream company mereka. Jadinya? Generasi baru terkagum-kagum dan ingin mengikuti jejak mereka. Those youths have made Indonesia proud, they said. Tapi di sisi lain, masih banyak masalah-masalah di Indonesia yang belum terselesaikan. Contoh: keberadaan anak-anak jalanan, they're busy making money and lost their childhood, dan banyak lagi. Padahal anak muda seharusnya jadi agent of change. Nah, sayangnya masih jarang anak muda Indonesia yang ingin jadi entrepreneur based on solutions, berbisnis sekaligus memajukan dan menyelesaikan masalah di Indonesia, tentunya, karena berbagai alasan dan faktor spesifik. Or indeed we just don't know anything about it?
Pada Ignitions, terdapat 3 kategori profesi untuk masing-masing partisipan. Hacker for IT experts, Hustler for communication expert, and Hipster, bagi orang-orang yang jago design. Sistemnya, bagaimana 3 orang dengan profesi yang berbeda tersebut bisa bersama buat kesempatan bisnis sekaligus menjadi solusi dari masalah yang ada di Indonesia. The concept reminds me of my Creative Thinking subjects. Beberapa orang di dalam grup dengan profesi yang berbeda-beda harus ngebland beberapa random things, dengan deadline 5 hingga 15 menit untuk meraih goal yang sama, yaitu membuat bisnis dan memberikan solusi atas masalah yang terjadi di Indonesia. Ini kelas terseru selama perkuliahan. :)
Gerakan Nasional  1000 Startup Digital sukses diimplementasikan dengan tujuan mengubah mindset anak muda Indonesia. Untuk ngikutin kegiatan selanjutnya, bisa cek langsung websitenya di sini

The volunteers!

You Might Also Like

2 comments

  1. asik banget acaranya
    jadi pengin ikutan biarpun jd volunteer juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, untuk event Gerakan #1000StartUp Digital coba sering-sering cek website/ media sosial dari Kibar maupun Kemkominfo ya :)

      Delete